Telematika pada mobil

Kata kunci hi-tech terbaru dalam elektronik otomotif saat ini adalah “Telematika.” Menurut Motorola, perusahaan yang menciptakan istilah, itu adalah “sebuah otomotif muncul teknologi komunikasi yang menggabungkan suara dan data nirkabel untuk menyediakan lokasi khusus keamanan, informasi, produktivitas dan dalam kendaraan layanan hiburan untuk pengemudi dan penumpang.”
Dengan kata lain, apa telematika yang mencoba untuk lakukan adalah untuk membawa bersama-sama sejumlah teknologi yang berbeda dan menggabungkan mereka ke dalam satu platform yang mudah digunakan yang disesuaikan untuk setiap driver individu. Ide dasarnya adalah untuk memiliki beberapa jenis in-dash unit yang menggabungkan fungsi radio web, email, e-commerce, ponsel, positioning sistem satelit navigasi global dan program bantuan pengemudi menjadi satu.

Telematika:  CAR TERHUBUNG

Seperti berdiri sekarang, telematika dapat memberikan semua hal berikut:

* Keselamatan & Keamanan. Ini termasuk layanan seperti bantuan pinggir jalan, layanan darurat, pelaporan kecelakaan otomatis (ketika kantong udara menyebarkan), pemulihan kendaraan (pada saat kendaraan Anda dicuri), lepaskan remote kunci pintu (harus Anda mengunci diri Anda keluar dari mobil Anda), atau kontak langsung harus Anda butuh sesuatu saat mengemudi.

* Navigasi & Informasi Lalu Lintas. Menggunakan server berbasis real-time bantuan, telematika dapat membantu pengemudi menemukan lokasi, menghindari kemacetan lalu lintas, kecelakaan, konstruksi, dll Tidak seperti sistem navigasi CD yang perlu diperbarui secara berkala dan hanya dapat mencakup wilayah yang terbatas, men-download informasi navigasi sebagai arah atau membantu diperlukan berarti informasi dapat saat ini.

* Hiburan & Informasi Pribadi. Telematika dapat membawa Anda berita, cuaca, olahraga, harga saham, email (surat suara lebih mungkin untuk membantu Anda menjaga mata Anda di jalan), mengingatkan Anda tentang janji terjadwal atau peristiwa lain yang Anda miliki di kalender pribadi Anda, bahkan mungkin membantu Anda mengocok jadwal Anda saat Anda berkendara untuk bekerja.

* Fungsi Remote Service. Termasuk di sini akan mendiagnosa dan pelaporan drivability kendaraan dan masalah emisi kembali ke dealer mobil atau fasilitas pelayanan lainnya, memantau kebutuhan untuk pemeliharaan terjadwal (penggantian oli, filter, dll), dan bahkan mungkin memberikan “hidup” pemrograman ulang mesin fungsi komputer jika update yang diperlukan.

KENDARAAN KOMUNIKASI

Hampir setiap kendaraan saat ini memiliki radio dan CD atau pemutar kaset, dan kendaraan mewah banyak yang dilengkapi dengan sistem navigasi, hands-free, built-in ponsel dan bantuan driver “HELP” tombol seperti General Motor OnStar, Ford RESCU, Mercedes ‘Tele Aid, dll Tapi saat ini, sebagian besar merupakan fungsi terpisah dikendalikan oleh perangkat terpisah. Ide Motorola adalah untuk mengintegrasikan semua ini menjadi satu unit, dan menambahkan lebih banyak fitur seperti teknologi berkembang.

Ambil radio, misalnya. Cara sekarang, Anda dapat memilih setiap stasiun AM atau FM Anda ingin mendengarkan, tetapi Anda tidak bisa mengatakan apa yang DJ untuk bermain atau untuk memotong obrolan. Kau pendengar yang pasif, dan tidak ada cara untuk mematikan keluar iklan-iklan yang mengganggu menjenuhkan gelombang udara pada saat peak drive. Dengan telematika, Anda bisa memilih “eradio” Stasiun yang hanya memainkan jenis musik yang Anda suka, atau Anda bahkan mungkin dapat menentukan daftar putar lagu-lagu yang ingin Anda dengar (musik “on demand”).

Tentu saja, Anda mungkin harus membayar biaya untuk menghindari harus mendengarkan iklan. Namun Motorola belum ide lain. Sebuah stasiun eradio komersial bebas bisa membayar sendiri dengan memungkinkan Anda untuk membeli musik dengan perintah suara sederhana atau mendorong sebuah tombol. Ketika lagu diputar yang Anda sukai, Anda hanya menunjukkan bahwa Anda yang membeli dan kartu kredit Anda secara otomatis dikenakan biaya untuk musik dan file MP3 yang didownload ke sistem invehicle Anda (atau jika Anda kuno, mereka bisa mail Anda CD).

Kemungkinan untuk e-commerce dengan pendekatan ini adalah hampir tak terbatas. Dengan menggabungkan komunikasi dua arah melalui koneksi ponsel atau link satelit, sistem navigasi onboard yang menjadi “real time” sistem yang dapat memberikan arus lalu lintas dan jalan informasi konstruksi (dan mungkin memberikan rute alternatif untuk menghindari yang terburuk) sebagai serta bantuan navigasi ke alamat atau pengecer Anda memilih untuk mencari.

Sebagai contoh, katakanlah Anda sedang mengendarai mobil di jalan dan perut Anda memberitahu Anda sudah waktunya untuk Big Mac. Anda memberitahu Unit onboard, Anda telematika yang Anda ingin McDonalds terdekat. Anda langsung mendapatkan petunjuk ke McDonalds terdekat – dan bahkan mungkin dapat untuk melihat menu atau preorder Anda Big Mac sehingga itu sedang menunggu dan siap ketika Anda menarik ke jalur drive-thru.

Atau katakanlah Anda sedang mengendarai mobil di jalan dan restoran makanan cepat saji lokal ingin menarik perhatian Anda dengan penawaran khusus. Ketika Anda berada dalam jangkauan, mereka akan menyala Unit telematika Anda dengan pesan mengundang Anda untuk mampir untuk makan $ 3,99 khusus. Ketika Anda menarik ke dalam pendirian, transponder mereka mengakui kendaraan Anda, memiliki makanan Anda menunggu dan memberikan Anda diskon khusus untuk menanggapi tawaran mereka.

Disesuaikan untuk DRIVER telematika

Motorola ingin orang untuk memiliki pengalaman berkendara yang menyenangkan ketika mereka berada di belakang kemudi, sehingga satu hal yang mereka ingin melihat dimasukkan ke teknologi baru ini adalah kemampuan untuk menyesuaikan konten sesuai dengan preferensi pribadi Anda sendiri. Salah satu cara untuk melakukan itu akan pergi ke sebuah website khusus di internet dan mengisi formulir elektronik yang “profil” Anda suka. Misalnya, Anda dapat memasukkan jenis musik yang Anda inginkan (rock klasik atau apa pun), jenis berita dan informasi lain yang Anda ingin menerima (cuaca lokal, preferensi berita, tim olahraga, harga saham, dll), apa yang merek bensin yang Anda inginkan, apa jenis makanan cepat saji yang Anda sukai dan sebagainya. Informasi yang Anda kemudian akan menerima melalui unit telematika Anda akan disesuaikan dengan profil Anda.

Bagaimana jika kendaraan yang sama digunakan oleh driver yang berbeda (seperti Anda, pasangan Anda dan driver apapun remaja yang mungkin dalam keluarga Anda)? Motorola mengatakan Anda bisa masuk profil Anda pada Palm Pilot atau perangkat serupa. Ini bahkan bisa meliputi kursi dan pengaturan cermin, pengaturan iklim kontrol, Anda-nama-itu. Bila Anda memasukkan kendaraan, unit telematika kemudian akan permintaan Palm Pilot Anda dan men-download informasi melalui hubungan inframerah. Anda bahkan bisa memasukkan tujuan atau daftar toko yang ingin Anda kunjungi, dan unit telematika bisa merencanakan kursus untuk Anda dan memberikan bantuan navigasi untuk masing-masing.

Salah satu teknologi baru yang sehingga memungkinkan untuk perangkat elektronik yang berbeda untuk berkomunikasi dengan satu sama lain adalah sesuatu yang disebut “Blue Tooth.” Ini merupakan standar untuk menggunakan gelombang radio nirkabel untuk mengirim data dari satu perangkat ke perangkat lain (misalnya dari ponsel Anda atau Palm Pilot ke unit telematika onboard). Ini dasarnya teknologi yang sama yang digunakan di banyak negara untuk elektronik mengumpulkan tol jalan dari pengendara. Anda mendapatkan transponder dari negara dan tol secara otomatis dipotong dari akun Anda menyeimbangkan setiap kali Anda melewati gerbang tol. Bahkan teknologi ini mulai ditinggalkan, akan segera diganti dengan sistem transponder link satelit yang biaya driver sesuai dengan mil yang sebenarnya didorong daripada melewati beberapa titik pengumpulan tol sewenang-wenang di jalan.

Motorola mengatakan transponder onboard di sistem telematika juga dapat digunakan untuk memonitor kondisi lalu lintas waktu nyata dengan menggunakan kendaraan sendiri sebagai “probe” atau sensor jalan. Karena sistem navigasi GPS dapat menentukan lokasi yang tepat kendaraan, juga bisa menyediakan data real time kembali ke tempat pengumpulan sentral mengenai keberadaan kendaraan pada setiap titik waktu, dan seberapa cepat atau lambat kendaraan bergerak melalui lalu lintas. Ketika data dari sejumlah kendaraan yang digabungkan, bisa memberi indikasi yang sangat akurat tentang bagaimana lalu lintas bergerak dan di mana kemacetan yang menyebabkan masalah. Hal ini, pada gilirannya, akan memungkinkan pengendali lalu lintas untuk mengalihkan beberapa kendaraan ke jalur alternatif dan mungkin mengurangi beberapa kemacetan.

Telematika PRIVASI ISU

Pendukung privasi tidak menyukai gagasan sedang dipantau. Tetapi ada orang mungkin cukup yang baik tidak peduli atau dapat tertarik ke melayani sebagai pemantau trafik mobile yang akan memungkinkan sistem tersebut untuk bekerja.

Jika sistem pelacakan hidup dikembangkan, tentu akan membuat hidup sedikit lebih sulit bagi pencuri mobil. Tapi mereka mungkin akan mencari cara untuk menonaktifkan atau selai transponder sehingga kendaraan tidak bisa dilacak.

Di sisi lain, mampu melacak keberadaan kendaraan setiap saat berarti agen penagihan bisa lebih mudah repossess kendaraan dari orang-orang yang berada di belakang pembayaran mereka. Sebuah pasangan yang mencurigakan atau majikan mungkin bisa melacak keberadaan Anda ketika Anda seharusnya membuat panggilan penjualan atau melakukan pengiriman. Jika pengamanan tertentu tidak ditetapkan pada awal permainan, atau driver tidak diberikan kemampuan untuk menonaktifkan mereka “konektivitas,” itu sangat mungkin bahwa Big Brother mungkin seorang penumpang yang tidak diinginkan setiap kali kita berada di belakang kemudi.

Dapat dibayangkan, kita bahkan bisa mengeluarkan tiket elektronik untuk mempercepat, gagal untuk mematuhi sinyal lalu lintas, polusi memancarkan terlalu banyak atau bahkan parkir ilegal melalui telematika. Begitu banyak untuk Sisi Gelap teknologi baru.

Telematika SERVICE & ISU PERBAIKAN

Sesuatu yang lain telematika dapat lakukan adalah berbicara dengan komputer powertrain onboard. Jika terjadi masalah dan kode masalah yang dihasilkan, unit telematika bisa melaporkan masalah kembali ke dealer mobil baru – dan mungkin bahkan jadwal janji layanan. Ada kemungkinan unit telematika juga bisa memberitahu sopir apa masalahnya (dalam hal sederhana) dan menyarankan tindakan yang tepat.

Seperti sekarang, ketika lampu Periksa Engine datang pada tidak ada cara untuk mengetahui apakah masalah serius atau tidak. Apakah mesin berjalan berbahaya panas atau tidak emisi EVAP sistem kontrol gagal cek? Dalam satu contoh, mengabaikan cahaya bisa sangat merusak sementara di lain itu bukan masalah besar dan bisa diperbaiki kemudian. Dengan telematika, informasi diagnostik tambahan dapat diberikan kepada pengemudi yang akan membantu mereka mengevaluasi masalah dan mengambil keputusan (tetap mengemudi, menepi ke sisi jalan atau mencari fasilitas layanan).

Jika unit telematika dapat saling berhubungan dengan mesin komputer onboard, itu juga mungkin bahwa beberapa jenis masalah drivability dan emisi dapat diperbaiki dengan men-download pengaturan baru atau kalibrasi ke komputer onboard. Ini akan menghemat perjalanan kembali ke dealer dan akan memungkinkan kendaraan untuk “upgrade” sebagai kebutuhan di mana saja dan bahkan tanpa sepengetahuan pemilik. Ini akan seperti penandatanganan America On Line. Ketika mereka meng-upgrade sesuatu dalam perangkat lunak mereka, mereka secara otomatis men-download ke komputer Anda dan diinstal tanpa Anda harus melakukan sesuatu sendiri. Hal yang sama bisa dilakukan dengan kendaraan Anda.

Motorola, Visteon dan perusahaan lainnya juga mengembangkan sistem yang akan memungkinkan dealer mobil untuk query kendaraan Anda secara elektronik melalui beberapa jenis link nirkabel untuk mendapatkan layanan dan data perbaikan. Katakanlah sensor oksigen pada kendaraan Anda meninggal. Para diagnostik onboard mendeteksi hilangnya sinyal, mengingatkan pengemudi bahwa sensor oksigen telah gagal dan laporan kode kesulitan kembali ke dealer. Jika sistem telematika ini kemudian digunakan untuk menjadwalkan janji layanan, dealer sudah akan memiliki diagnosis di komputer mereka, dan memiliki bagian memerintahkan, disampaikan dan siap untuk menginstal ketika Anda tiba mudah-mudahan menghemat waktu dan ketidaknyamanan. Pada saat yang sama, dealer bisa menarik pemeliharaan dan sejarah perbaikan, permintaan kendaraan Anda untuk melihat bagaimana mil telah sejak ganti oli terakhir Anda, dll, dan bersiaplah untuk menjual Anda daftar cucian seluruh layanan yang Anda mungkin atau mungkin tidak ingin.

The downside ke semua ini pemasaran layanan teknologi tinggi adalah bahwa garasi independen dan fasilitas pelayanan akan sulit ditekan untuk bersaing dengan dealer mobil baru. Teknologi tersebut jelas tidak murah, dan membutuhkan banyak setup dan manajemen berfungsi sebagaimana dimaksud. Siapa yang akan mengontrol akses ke data kendaraan dinas dan perbaikan kendaraan? Apakah aftermarket akan menutup keluar dari usaha ini teknologi tinggi atau hanya akan pengecer terbesar dan rantai memiliki sumber daya keuangan dan sarana untuk bermitra dalam teknologi?

sumber : http://www.aa1car.com/library/telemat.htm

Tentang Deni Irawan

Just Be Yourself :)
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s