HOAX

Hoax adalah usaha untuk memperdaya orang-orang agar mempercayai sesuatu yang salah adalah benar.

Hoax adalah email peringatan, nasehat palsu, berita bohong atau berita palsu yang biasanya diakhiri dengan himbauan agar menyebarkannya seluas-luasnya!
Hoax beredar di mana saja: email, bulettin friendster, Yahoo Messenger, bahkan SMS.

Dalam urutan ‘penyampah internet’, menurutku hoax berada setingkat lebih parah daripada spam. Orang membuat spam untuk sekedar mencari makan, mungkin untuk anak-istrinya atau keluarganya. Sedangkan orang membuat hoax tak lain hanyalah untuk kepuasan pribadi : berhasil membohongi orang banyak. (Junk mail tergolong sampah jinak).

Membuat hoax tidak menjadikan seseorang mendapatkan keuntungan apapun, kecuali kesenangan semu karena ‘hasil karya’nya beredar luas di internet. Sementara itu, ribuan bahkan jutaan orang yang bekerja pada industry yang berkaitan mengalami kerugian karena productnya tiba-tiba saja tidak laku. Sementara ribuan orang yang lain mengalami kecemasan (fraud) akibat membaca HOAX tersebut. Oleh karena itu dalam menerima informasi hendaknya dilakukan Cross-Check terlebih dahulu terhadap kebenaran isi pesan tersebut, jangan langsung percaya, apalagi langsung memforwardnya & yang paling penting, memakai logika or nalar kita.

Hoax itu bisa juga di SMS, misalnya seperti pada hari raya, lalu anda mendapatkan sms yang berisi kata2 serta dibilang jika tidak melanjutkan memforwardnya maka anda akan terkena sial, tapi jika anda memforwardnya minimal kebeberapa nomor, maka anda akan mendapatkan pahala, lalu disertai kesaksian2 bahwa si A kena sial karena tidak memforward, lalu si B dapet pahala karena memforward & Yang diuntungkan jelas provider karena akan ada rantai bercabang terus menerus.

Hoax tidak harus berhubungan dengan dunia komputer, boleh kesehatan, keuangan, kemanusiaan, atau bahkan tentang cuaca. Bisa jadi yang sepele tapi setiap hari digunakan orang, & tujuannye buat nakut2in orang, ciri2nye yaitu dengan membuat keyakinan pembaca agar seperti beneran & logis contohnye yaitu dengan menggunakan istilah2 ilmiah, mencampurkan informasi yang benar & kebohongannya, memberikan data-data berupa angka, menambahkan alamat kantor berita di internet, memberikan “Solusi” yang ngga kalah gebleknye, menambahkan kata-kata ajaib dengan memberikan kesaksian palsu, & memberikan efek forward misalnye seperti boleh dapet dari millis yang berkaitan, kalangan eksklusif, & atau dari profesional or para ahli. Intinye bikin gossip yang bikin orang pade percaya!

Dewasa ini kita seringkali menerima email yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer, atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Warning semacam ini diistilah sebagai “HOAX”. Hoax didefinisikan sebagai berita palsu yang memanfaatkan iktikad baik pembaca, sehingga berita tersebut disebarluaskan sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Ciri-ciri :
1. Didistribusikan via email, & seringkali memanfaatkan media mailing list.
2. Isinya berisi pesan yang membuat cemas, panik para pembacanya.
3. Diakhiri dengan himbauan agar si pembaca segera memforwardkan warning tsb. ke forum yang lebih luas.
4. Biasanya pengirim awal hoax ini tidak diketahui identitasnya.

 

Beberapa contoh HOAX dan komentarnya :

Strawberry Quick Narkoba Buat Anak-anak
Isi Hoax:
This is a new drug known as ‘strawberry quick’
BAHAYA ……. NARKOBA JENIS BARU

Perlu kita waspadai, telah beredar disekolah-sekolah sesuatu hal yang dapat berdampak negatif. Crystal berbentuk bulat, mirip dengan permen POP ROCK rasa Strawbery (kalau kita kemut bisa menari di dalam mulut). Aromanya persis seperti Strawbery dan saat ini sudah beredar bebas di lingkungan sekolah. Namanya “Straberry Meth” atau “Strawberry Quick”. Dalam benak anak-2 kita pasti terpikir bahwa barang tersebut adalah PERMEN (gula-gula), berhati-hatilah karena permen ini dapat menyebabkan kondisi sang anak bisa masuk RS. Selain rasa diatas dapat juga dalam rasa Coklat, kacang, Cola, chery, anggur dan rasa jeruk. Peringatkan anak kita untuk tidak menerima Permen Jenis ini dari orang-2 yang tidak kita kenal, meskipun dari teman mereka atau dari siapapun. Sampaikan pesan ini ke yang lain untuk mencegah terjadinya hal-2 yang tidak kita inginkan.

Komentar:
Memang benar, menurut hoax-slayer, ada narkoba dalam hal ini methamphetamine atau disingkat meth, yang diberi pewarna (colored), namun tidak diberi perasa/perisa (flavoured), dan beberapa petugas dari pihak berwajib salah mempersepsikannya. Lagipula menurut laporan terkait, narkoba tersebut tidak secara spesifik ditujukan kepada anak-anak.

Nama strawberry quick, kemudian muncul, kendati seperti halnya monster danau LochNess, yang sering terdengar namun tidak pernah ada yang melihatnya secara langsung. Hoax Slayer menyebutnya sebagai hal yang tidak perlu dianggap serius, karena hoax tersebut hanyalah berita yang terlalu berlebihan.

Selain itu, hoax tersebut adalah versi terjemahan dari hoax sejenis yang beredar di Amerika, bukan hoax lokal yang hanya perlu kita baca sambil mempertimbangkan ulang secara logis akan kebenaran berita semacam ini di tingkat lokal

Walaupun demikian, adalah benar bahwa setiap orang wajib memperingatkan anaknya untuk berhati-hati dalam menerima tawaran makanan, minuman ataupun permen dari orang yang tidak dikenal.

 

Baterai Cadangan Tersembunyi Nokia
Isi Hoax:
Baterai cadangan tersembunyi. Kalau baterai anda hampir habis, padahal anda sedang menunggu telpon penting, dan telpon anda dibuat oleh NOKIA, silahkan tekan *3370#, maka telpon anda otomatis restart dan baterai akan bertambah 50%. Baterai cadangan ini akan terisi waktu anda mencharge HP anda

Komentar:
Ada miskonsepsi pada opsi-opsi pada handphone Nokia untuk berpindah antara mode:
– menggunakan kualitas suara yang lebih jelek, dengan menghemat tenaga baterai (*#4720# – Half Rate Codec)
– menggunakan kualitas suara yang lebih baik, dengan menggunakan tenaga baterai lebih banyak (*3370# – Enhanced Full Rate Codec)

Jadi tidak ada yang namanya baterai cadangan tersembunyi, hanya penghematan tenaga baterai sampai pada 30%. Akan tetapi codenya bukan *3370# yang justru memboroskan penggunaan tenaga baterai

 

Referensi :

http://murtadinkafirun.forumotion.net

http://revo-me.blogspot.com

Tentang Deni Irawan

Just Be Yourself :)
Pos ini dipublikasikan di Tugas Kuliah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s